Monday, July 19, 2010

Refleksi : Struktur Sosial

Pada pertemuan ke dua, peserta didik kelas XI IPS diajak untuk membaca dan mencari kata kunci dari pokok bahasan Struktur Sosial. Setelah membaca dan menemukan kata kunci. Mendapatkan penjelasan tentang Struktur Sosial.

Bahwa Struktur sosial terbangun atas jalinan Stratifikasi Sosial (verikal) dan Diferensiasi Sosial (Horizontal). Stratifikasi sosial lebih menekankan adanya tingkatan-tingkatan (pelapisan sosial), sedangkan deferensiasi sosial lebih memfokuskan pada kesederajatan dalam masyarakat.

Struktur sosial ada dan hidup dalam lembaga sosial, kelompok sosial dan pelapisan sosial. Lembaga sosial seperti, sekolah, pengadilan, kantor kelurahan, dll. Lalu, kelompok sosial contohnya, karangtaruna, club, dll. Kemudian pelapisan sosial, seperti pembagian berdasarkan adanya "penghargaan lebih" dari masyarakat.

Setelah itu, peserta didik diajak untuk menonton tayang film tentang semut. Judulnya adalah kerjasama dan masyarakat semut editor Fidelis W.

Sebagai bahan refleksi :
1. tuliskan lima kalimat, buktikan ada tidaknya stratifikasi sosial dalam film semut; dan buktikan ada tidaknya diferensiasi sosial dalam film semut.
2. Tuliskan dengan lima kalimat apa hubungan film semut dengan struktur sosial .
3. tuliskan lima kalimat, ilmu atau pengetahuan yang didapat pada hari ini ?

0 comments: