Monday, June 14, 2010

Penelitian Evaluasi Model Pilihan Ganda "Out of The Box"

PENELITIAN EVALUASI MODEL PILIHAN GANDA (+)

Masalah

1 1. apa pelatihan yang di dapat oleh pelajar

2 2. apa kesulitan yang ditemui oleh pelajar

3 3. apa kegunaan bagi pelajar

4 4. apa “nilai” kelebihan bagi pelajar

Ada beberapa hal yang perlu digali dari Evaluasi Model PG (+) :

1 Pelajar mendapat pelatihan dalam hal apa

2 Pelajar mengalami kesulitan dalam hal apa

3 Pelajar mendapat kegunaan dalam hal apa

4 Pelajar menilai kelebihan dalam hal apa

Hasil Angket

1

1. Menurut Anda PG (+) melatih ...

TOT %

1 a. untuk menemukan jawaban 27 14.28

2 b. memberi argumentasi 44 23.28

3 c. pola pikir logis 88 46.56

4 d. mengerti masalah sosial 9 4.76

5 e. bertanggungjawab 21 11.11

Total 189

Dari penyebaran angket kepada 189 pelajar kelas X, mendapat hasil, bahwa 88 (46.56 %) responden menyatakan PG (+) melatih “pola pikir logis”. Sedangkan, 44 pelajar (23.28%) mendapat pelatihan “memberi argumentasi”, 27 pelajar (14.28%) merasa dilatih “untuk menemukan jawaban.”

Sejumlah kecil responden berpendapat “mengerti masalah sosial” 9 responden (4.76%)

2. Menurut Anda PG (+) membuat saya ...

TOT %

1 a. tidak bisa mencontek 75 39.68

2 b. tidak bisa membuat alasan 46 24.33

3 c. tidak memahami cara mengerjakan 17 8.99

4 d. tidak bisa menuliskan alasan 47 24.86

5 e. tidak tahu apa-apa 4 2.11

Total 189

Dengan evaluasi model PG (+), berdasar 189 responden, yangberpendapat “tidak bisa mencontek sejumlah 75 responden (39.68%), sedangkan yang tidak bisa menuliskan alasan dan mengalami kesulitan membuat alasan masing-masing ada, 47 responden (24.86%) dan 46 responden (24.33%). Antara kedua jawaban diatas selisihnya tipis.

Ada juga yang menyatakan “tidak tahu apa-apa” meskipun sejumlah kecil responden, tepatnya 4 responden (2.11%)

3. Menurut Anda, PG(+) dalam hal kegunaan ...

TOT %

1 a. berguna, maka perlu dilanjutkan 119 62.96

2 b. berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan 38 20.10

3 c. tidak berguna, karena menghabiskan waktu 10 5.29

4 d. tidak berguna, karena membuat pusing kepala 12 6.34

5 e. saya belum tahu kegunaannya 10 5.29

Total 189

PG (+) dalam hal kegunaan, dari 189 responden, lebih dari 50% atau tepatnya 119 responden (62.96%) mengatakan berguna, maka perlu dilanjutkan. Sedangkan 38 responden (20.10%) mengambil sikap “berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan.

Sejumlah kecil dengan jumlah responden sama 10 responden (5.29%) menyatakan sikap “tidak berguna dan menghabiskan waktu” dan “belum tahu kegunaannya.”

4. Menurut Anda, PG (+) memiliki kelebihan ...

TOT %

1 a. mendorong berpikir analitis 61 32.27

2 b. mengajar berpikir kreatif 40 21.16

3 c. mendorong berpikir korelatif 20 10.58

4 d. mengajar berpikir ilmiah 5 2.64

5 e. mendorong berpikir luas 63 33.33

Total 189

Pelajar Kelas X untuk kelebihan evaluasi model PG (+), sejumlah 63 responden (33.33%) berpendapat “mendorong berpikir luas”, selisih dua responden atau 61 responden (32.27%) menyatakan mendorong berpikir analitis. Ada juga yang berpendapat “mengajar berpikir kreatif”, 40 responden (21.16%).

Yang menarik ada yang berpendapat “mengajar berpikir ilmiah” sejumlah 5 responden (2.64%)

Kesimpulan:

1 Evaluasi model PG (+), melatih pelajar berpikir logis, dan ternyata

2 Evaluasi model PG (+), pelajar mengalami kesulitan untuk mencontek, maka

3 Evalusi model PG (+), perlu dilanjutkan, serta

4 Evaluasi model PG (+), memiliki kelebihan mendorong berpikir luas dan analitis.

0 comments: