PENELITIAN EVALUASI MODEL PILIHAN GANDA (+)
Masalah
1 1. apa pelatihan yang di dapat oleh pelajar
2 2. apa kesulitan yang ditemui oleh pelajar
3 3. apa kegunaan bagi pelajar
4 4. apa “nilai” kelebihan bagi pelajar
Ada beberapa hal yang perlu digali dari Evaluasi Model PG (+) :
1 Pelajar mendapat pelatihan dalam hal apa
2 Pelajar mengalami kesulitan dalam hal apa
3 Pelajar mendapat kegunaan dalam hal apa
4 Pelajar menilai kelebihan dalam hal apa
Hasil Angket
1
1. Menurut Anda PG (+) melatih ...
TOT %
1 a. untuk menemukan jawaban 27 14.28
2 b. memberi argumentasi 44 23.28
3 c. pola pikir logis 88 46.56
4 d. mengerti masalah sosial 9 4.76
5 e. bertanggungjawab 21 11.11
Total 189
Dari penyebaran angket kepada 189 pelajar kelas X, mendapat hasil, bahwa 88 (46.56 %) responden menyatakan PG (+) melatih “pola pikir logis”. Sedangkan, 44 pelajar (23.28%) mendapat pelatihan “memberi argumentasi”, 27 pelajar (14.28%) merasa dilatih “untuk menemukan jawaban.”
Sejumlah kecil responden berpendapat “mengerti masalah sosial” 9 responden (4.76%)
2. Menurut Anda PG (+) membuat saya ...
TOT %
1 a. tidak bisa mencontek 75 39.68
2 b. tidak bisa membuat alasan 46 24.33
3 c. tidak memahami cara mengerjakan 17 8.99
4 d. tidak bisa menuliskan alasan 47 24.86
5 e. tidak tahu apa-apa 4 2.11
Total 189
Dengan evaluasi model PG (+), berdasar 189 responden, yangberpendapat “tidak bisa mencontek sejumlah 75 responden (39.68%), sedangkan yang tidak bisa menuliskan alasan dan mengalami kesulitan membuat alasan masing-masing ada, 47 responden (24.86%) dan 46 responden (24.33%). Antara kedua jawaban diatas selisihnya tipis.
Ada juga yang menyatakan “tidak tahu apa-apa” meskipun sejumlah kecil responden, tepatnya 4 responden (2.11%)
3. Menurut Anda, PG(+) dalam hal kegunaan ...
TOT %
1 a. berguna, maka perlu dilanjutkan 119 62.96
2 b. berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan 38 20.10
3 c. tidak berguna, karena menghabiskan waktu 10 5.29
4 d. tidak berguna, karena membuat pusing kepala 12 6.34
5 e. saya belum tahu kegunaannya 10 5.29
Total 189
PG (+) dalam hal kegunaan, dari 189 responden, lebih dari 50% atau tepatnya 119 responden (62.96%) mengatakan berguna, maka perlu dilanjutkan. Sedangkan 38 responden (20.10%) mengambil sikap “berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan.
Sejumlah kecil dengan jumlah responden sama 10 responden (5.29%) menyatakan sikap “tidak berguna dan menghabiskan waktu” dan “belum tahu kegunaannya.”
4. Menurut Anda, PG (+) memiliki kelebihan ...
TOT %
1 a. mendorong berpikir analitis 61 32.27
2 b. mengajar berpikir kreatif 40 21.16
3 c. mendorong berpikir korelatif 20 10.58
4 d. mengajar berpikir ilmiah 5 2.64
5 e. mendorong berpikir luas 63 33.33
Total 189
Pelajar Kelas X untuk kelebihan evaluasi model PG (+), sejumlah 63 responden (33.33%) berpendapat “mendorong berpikir luas”, selisih dua responden atau 61 responden (32.27%) menyatakan mendorong berpikir analitis. Ada juga yang berpendapat “mengajar berpikir kreatif”, 40 responden (21.16%).
Yang menarik ada yang berpendapat “mengajar berpikir ilmiah” sejumlah 5 responden (2.64%)
Kesimpulan:
1 Evaluasi model PG (+), melatih pelajar berpikir logis, dan ternyata
2 Evaluasi model PG (+), pelajar mengalami kesulitan untuk mencontek, maka
3 Evalusi model PG (+), perlu dilanjutkan, serta
4 Evaluasi model PG (+), memiliki kelebihan mendorong berpikir luas dan analitis.
0 comments:
Post a Comment