Monday, November 2, 2009

Penelitian Evaluasi Model Pilihan Ganda (+)


Masalah

    1. apa pelatihan yang di dapat oleh pelajar

    2. apa kesulitan yang ditemui oleh pelajar

    3. apa kegunaan bagi pelajar

    4. apa “nilai” kelebihan bagi pelajar


Ada beberapa hal yang perlu digali dari Evaluasi Model PG (+) :

  1. Pelajar mendapat pelatihan dalam hal apa

  2. Pelajar mengalami kesulitan dalam hal apa

  3. Pelajar mendapat kegunaan dalam hal apa

  4. Pelajar menilai kelebihan dalam hal apa


Hasil Angket


1. Menurut Anda PG (+) melatih ...

                      TOT %

    a. untuk menemukan jawaban 27 14.28

    b. memberi argumentasi 44 23.28

    c. pola pikir logis 88 46.56

    d. mengerti masalah sosial 9 4.76

    e. bertanggungjawab 21 11.11

Total 189

Dari penyebaran angket kepada 189 pelajar kelas X, mendapat hasil, bahwa 88 (46.56 %) responden menyatakan PG (+) melatih “pola pikir logis”. Sedangkan, 44 pelajar (23.28%) mendapat pelatihan “memberi argumentasi”, 27 pelajar (14.28%) merasa dilatih “untuk menemukan jawaban.”

Sejumlah kecil responden berpendapat “mengerti masalah sosial” 9 responden (4.76%)


2. Menurut Anda PG (+) membuat saya ...

                      TOT %

    a. tidak bisa mencontek 75 39.68

    b. tidak bisa membuat alasan 46 24.33

    c. tidak memahami cara mengerjakan 17 8.99

    d. tidak bisa menuliskan alasan 47 24.86

    e. tidak tahu apa-apa 4 2.11

Total 189

Dengan evaluasi model PG (+), berdasar 189 responden, yangberpendapat “tidak bisa mencontek sejumlah 75 responden (39.68%), sedangkan yang tidak bisa menuliskan alasan dan mengalami kesulitan membuat alasan masing-masing ada, 47 responden (24.86%) dan 46 responden (24.33%). Antara kedua jawaban diatas selisihnya tipis.

Ada juga yang menyatakan “tidak tahu apa-apa” meskipun sejumlah kecil responden, tepatnya 4 responden (2.11%)

3. Menurut Anda, PG(+) dalam hal kegunaan ...

                      TOT %

    a. berguna, maka perlu dilanjutkan 119 62.96

    b. berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan 38 20.10

    c. tidak berguna, karena menghabiskan waktu 10 5.29

    d. tidak berguna, karena membuat pusing kepala 12 6.34

    e. saya belum tahu kegunaannya 10 5.29

Total 189

PG (+) dalam hal kegunaan, dari 189 responden, lebih dari 50% atau tepatnya 119 responden (62.96%) mengatakan berguna, maka perlu dilanjutkan. Sedangkan 38 responden (20.10%) mengambil sikap “berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan.

Sejumlah kecil dengan jumlah responden sama 10 responden (5.29%) menyatakan sikap “tidak berguna dan menghabiskan waktu” dan “belum tahu kegunaannya.”


4. Menurut Anda, PG (+) memiliki kelebihan ...

                      TOT %

    a. mendorong berpikir analitis 61 32.27

    b. mengajar berpikir kreatif 40 21.16

    c. mendorong berpikir korelatif 20 10.58

    d. mengajar berpikir ilmiah 5 2.64

    e. mendorong berpikir luas 63 33.33

Total 189

Pelajar Kelas X untuk kelebihan evaluasi model PG (+), sejumlah 63 responden (33.33%) berpendapat “mendorong berpikir luas”, selisih dua responden atau 61 responden (32.27%) menyatakan mendorong berpikir analitis. Ada juga yang berpendapat “mengajar berpikir kreatif”, 40 responden (21.16%).

Yang menarik ada yang berpendapat “mengajar berpikir ilmiah” sejumlah 5 responden (2.64%)


Kesimpulan:

  1. Evaluasi model PG (+), melatih pelajar berpikir logis, dan ternyata

  2. Evaluasi model PG (+), pelajar mengalami kesulitan untuk mencontek, maka

  3. Evalusi model PG (+), perlu dilanjutkan, serta

  4. Evaluasi model PG (+), memiliki kelebihan mendorong berpikir luas dan analitis.



0 comments: