Salah satu cara untuk memotivasi siswa meraih nilai lebih adalah dengan membaca. Namun tidak cukup hanya membaca saja namun diserta dengan menuliskan apa yang dibaca. Mengingat hal terpenting dalam ilmu sosial adalah membaca. Maka pendekatan membaca dan menulis sesuai dengan tema bersumber dari buku di perpustakaan.
Ada beberapa hal yang diraih dengan metode ini.
1. anak didorong untuk membaca buku literatur diluar buku paket.
2. anak di dorong untuk menuliskan dengan tangan (bukan ketik komputer) uraian tersebut.
3. Anak didorong untuk menemukan ide, gagasan baru dari buku tersebut.
Jadi anak menambah wawasan diluar guru dana kelas. Namun anak menambah sendiri sesuai dengan minat namun tetap pada konteks.
Ini menjadi solusi ditengah keprihatianan rendahnya minat baca pelajar.
Tuesday, September 29, 2009
Membaca, Menulis Konflik Sosial
Posted by Sosiologi "Out of The Box"mlg at 9:50 AM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment